Bagus Sablon Kaos Manual atau Digital?

Usaha sablon kaos memang tidak ada habisnya jika dilihat dari segi peluang pasar. Tak lain, hal ini dikarenakan manusia memerlukan kebutuhan primer berupa sandang sebagai pelengkap hidupnya.

Bagi yang sudah mahir dalam bisnis kaos, tentunya ini akan menjadi “santapan manis” untuk memperluas pemasaran mereka. Tentunya juga dibarengi dengan pelayanan yang maksimal dan kualitas seapik mungkin.

Seiring berjalannya waktu, industri kaos telah merajalela. Banyak sekali distro-distro serta jasa sablon kaos custom berhamburan di pinggir jalan. Mulai dari manual, bahkan sampai terkomputerisasi.

Nah, di pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang jenis-jenis sablon kaos apa saja sih yang paling bagus. Sablon kaos manual atau sablon kaos digital? yuk mari kita simak ulasan dibawah ini.

Apa itu Sablon Kaos?

Jenis jenis sablon

tntscreenprinting.com

Oh iya, sebelum kita tahu apa saja jenis-jenis sablon pada umumnya. Ngga ada salahnya kalau kita pelajari terlebih dahulu tentang definisi apa itu sablon.

Yaps, bila diterjemahkan secara khusus sablon berarti teknik mencetak menggunakan media layar (screen) rapat. Umumnya, layar tersebut mengandung sutra atau nilon sebagai bahan dasarnya. Lalu dari screen tersebut kita bisa mencetak pola, desain atau gambar sesuai keinginan.

Kemudian, screen yang telah dibentuk polanya tersebut ditaruh di bagian atas kaos atau pakaian. Lalu dituangkan sedikit tinta sablon. Kaos yang sudah jadi akan menghasilkan suatu pola yang sesuai dengan layar atau screen tadi.

Berbeda halnya dengan sablon digital, kamu sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat pola atau desain pada layar. Tidak sepenuhnya proses sablon digital serba terkomputerisasi.

Meskipun begitu, proses pengerjaan sablon digital nyatanya lebih efektif ketimbang sablon manual. Sehingga tidak perlu buang-buang banyak tenaga dalam proses produksinya.

Manakah yang Lebih Bagus? Sablon Digital atau Sablon Manual?

Sablon Digital vs Sablon Manual

designtos.com

Kita setuju bahwa segala sesuatu mempunyai sisi positif dan negatif serta keunggulan dan kelemahanya masing-masing. Terlepas dari hal itu semua, disini kami “berfatwa” bahwa tidak ada yang perlu dibuat perbandingan antara dua teknik tersebut.

Industri sablon manual akan mencap bahwa dirinyalah yang memiliki mutu terbaik, begitu pula dengan sablon digital.

Sekedar untuk informasi, sablon manual memliki keunggulan dalam keawetan dan kualitasnya. Sementara sablon digital unggul dari sisi kreatifitasnya.

Gampangnya begini, sablon manual mampu mencetak desain dengan tingkat keawetan yang tahan lama. Yaa mungkin agak pecah atau luntur sedikit. Umumnya hanya berlaku pada satu warna solid saja.

Lain halnya pada sablon digital, dengan teknik ini kita bisa membuat atau mencetak desain dengan beragan warna dan variasi gradient. Sayangnya, dari sisi kualitas hasil cetak sablon digital dinilai lebih cepat luntur.

Meskipun begitu, tak sedikit pula ada hasil sablon digital yang cetakan desainnya lumayan kuat.

Permintaan Pesanan

Kaos distro

berkaos.com

Dari segi teknis, terdapat sejumlah perbedaan permintaan pemesanan antara sablon manual dan sablon digital. Bisa jadi ini akan menjadi sebuah tolok ukur manakah yang lebih bagus antara kedua metode tersebut. Berikut perbedaanya.

Sablon Digital

Jasa percetakan kaos dengan menggunakan sablon digital memperbolehkan pelangganya untuk mencetak desain kaos satu buah saja, tanpa minimum order. Ini dikarenakan sablon digital tidak membutuhkan anggaran lebih dalam membuat screen atau layar.

Sablon Manual

Tidak seperti sablon digital, bisnis sablon manual justru membuat sebuah ketetapan yaitu jumlah minimum order untuk tiap desain yang akan dicetak. Sehingga biaya produksi berupa penggantian screen atau layar akan jauh lebih hemat dan efisien.

Leave a Reply