Bedanya Bahan Reaktif dan Sulfur

Halloo, CSkaos Flippers!!!

Kali ini kita mau share info tentang jenis-jenis celupan bahan dan karakteristiknya, siapa tahu bermanfaat buat teman-teman yang mau bikin t-shirt ke vendor-vendor tertentu.

Langsung saja ya, dan kita disini berusaha kasih info yang simple dan singkat, karena kalau terlalu detail ngebahas chemicalnya, bakal pusing.

Nah, sebenarnya ada dua tipe celupan yang sering ditemui di vendor-vendor kain terutama untuk jenis bahan cotton combed, yaitu: sulfur dan reaktif.

Perbedaan yang jelas akan terasa di tekstur bahannya, dimana bahan reaktif relatif lebih lembut dari bahan sulfur. Juga memiliki kepekatan warna yang lebih tajam. Untuk menghindari warna pudar , kami menawarkan solusi agar bahan tersebut di washed terlebih dahulu. Kami sangat merekomendasikan teman-teman semua agar membuat t-shirt dengan pilihan bahan reaktif, terutama jika teman-teman mau membuat brand clothing indie.

Hal lainnya yang menjadi kelebihan bahan reaktif dibanding sulfur juga terletak pada kualitas warna tinta jika menyablon dengan teknik discharging (cabut warna) diatas bahan berwarna gelap. Tinta sablon akan jauh lebih terang dan nyata.

Bagian Kiri: Bahan Reaktif dan Bahan Kanan: Bahan Sulfur

t-shirt dengan bahan reaktif dan sulfur sering ditemui di pasaran. Sayangnya orang awam akan sulit membedakan karena secara kasat mata keduanya terlihat sama dan hanya akan tahu ketika saat memproduksinya.

Nah, sekarang sudah tahu dong perbedaan kualitasnya ada dimana, jadi ketika teman-teman ingin membuat t-shirt, tanya terlebih dahulu ke vendornya , “pakai bahan sulfur atau reaktif nih, ???”

Baik, itu saja dulu artiket singkat kali ini, semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan banget untuk leave comment atau hubungi cs kami di 089685174955.

Oiya, hampir lupa, kalau teman-teman berminat membuat t-shirt sablon dan konveksi di CSkaos. Kami pastikan bahwa bahan yang kami gunakan adalah bahan reaktif.

Bahan sulfur juga bisa, feel free to ask us!

 

Leave a Reply