Perbedaan Kaos Combed 20s, 24s dan 30s

Kaos berbahan katun combed dapat diproduksi dengan rajutan dan ketebalan yang beragam. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan permintaan pasar yang berbeda-beda.

Kemudian munculah sebuah simbol berupa angka untuk membedakan ketebalan masing-masing, seperti 20,24, 30 dan 40. Keempat angka yang sering beredar di pasaran tersebut menunjukkan tipe kerapatan benang pada proses perajutan menjadi bahan kain.

Apabila angkanya kian mengecil, maka kian menebal rajutan dan bahan kain katun yang digunakan. Begitu pun sebaliknya. Semakin angkanya membesar, semakin menipis pula bahan yang dipakai.

Kondisi ini membuat beberapa cloting line ternama sengaja memintal bahannya dengan ukuran tebal yang tak wajar, mulai dari 28, 32 sampai 34. Di sisi lain perbedaan rajutan bahan kaos bisa ditinjau dari jumlah jarum yang digunakan.

Jenis jarum rajutan paling ternama saat ini dalam produksi bahan katun Combed dibagi menjadi dua, yakni jarum tunggal (single knitt) dan jarum ganda (double knitt). Kedua istilah tersebut lalu disingkat menjadi ‘s” dan ‘d’ oleh para produsen.

Dua huruf tersebut biasanya terletak di bagaian belakang angka ketebalan yang berfungsi sebagai indikator penggunaan jenis rajutan. Ciri khas dari rajutan ‘s’ cenderung mulus dan renggang. Tidak sedikit bahan kaos katun yang ada di pasaran menerapkan tipe rajutan single knitt ini.

Sedangkan rajutan ‘d’ tergolong lebih rapat, tebal namun lentur. Bahan rajutan ‘d’ bisa diterapkan secara bolak-balik karena kedua sisinya memiliki permukaan yang sama. Salah satu contoh pakaian dengan rajutan ‘d’ yaitu pakaian bayi dan anak-anak.

Istilah 20s dari satu produsen bisa saja berbeda dengan bahan 20s produsen lain. Ini dikarenakan sampai sekarang belum ada standar pasti antara produsen dengan lainnya terkait ketentuan bahan kain katun.

Di bawah ini kami ulas beberapa ciri khas jenis bahan katun combed dengan rajutan tunggal (single knitt) paling ternama di pasaran.

Bahan Katun Combed 20s

Katun Combed

kaosmurahbandung.com

Bahan kain katun Combed 20s mempunyai tingkat gramasi sekitar 180-220gr/m2 dalam jenis rajutan tunggal. Bahan 20s adalah bahan paling ternama di antara bahan katun combed lainnya. Sekalipun itu di antara semua bahan yang ada.

Konveksi kaos biasa menawarkan bahan kain katun combed sebagai pilihan favorit karena banyaknya penjual bahan sejenis ini telah menjamur di beberapa tempat. Terlebih makin maraknya produsen kaos 20s akhir-akhir ini yang mempermudah konveksi atau vendor sablon menjalankan produksi.

Bahan Katun Combed 24s

Katun Viscose

wlimg.com

Pada bahan combed 24s gramasi yang diterapkan kisarannya antar 170-210 gr/m2. Bahan combed 24s sering diterapkan pada konveksi kaos yang ada di Bandung.

Bahan kain katun combed 24s paling laku dipasaran sebab ukuran ketebalannya sedang-sedang saja. Tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Sayangnya, jarang sekali bahan combed 24s ditemukan di luar kota Bandung.

Mau tidak mau, beberapa konveksi kaos dan sablon kembali menggunakan 20s karena terbatas ketersediaannya. Combed 24s juga biasa dipakai pada beberapa clothing line di Jakarta, salah satunya ialah Racun Cinta Indonesia.

Bahan Katun Combed 30s

Merupakan bahan unggulan anak-anak muda di wilayah perkotaan.. Bahan ini juga dipakai clohthing line dan distro karena tidak panas dan tipis. Bahan combed 30s menerapkan gramasi dengan kisaran antara 140-160gr/m2 dengan rajutan tunggal.

Di antara beberapa clothing line populer seperti ThinkCookCook, SomethingCloth, Schitzo, Void dan ThanksInsomnia menggunakan bahan tersebut dalam produk kaosnya.

Leave a Reply