Wah, ini Dia Makna di Balik Kaos Oblong Bung Karno!

4.bp.blogspot.com

Kelihaiannya berdiplomasi, ketegasannya memimpin dan kesederhanannya menjadikan Sang Proklamator Negara Indonesia, Soekarno, sebagai sosoknya yang terus dikagumi oleh banyak orang baik di Indonesia maupun dunia.

Saat berada dikediaman, soekarno kerap sekali terlihat menggunakan kaos oblong putih, sebagaimana yang tertulis dalam buku “Dari Revolusi 45 Sampai Kudeta 66”, presiden pertama Republik Indonesia ini ternyata memiliki lebih dari 32 kaos oblong putih bermerk Hongkong 555.

Kegemarannya menggunakan kaos oblong putih, menjadikan kaos bermerk Hongkong 555 ini sebagai kaos yang wajib dibawa saat soekarno melakukan perjalanan dinas atau bepergian.

Merk Hongkong 555 sendiri merupakan salah satu brand yang di keluarkan perusahaan fashion asal Hongkong yang bernama Chuen Sun Knitting Factory Ltd. Merk Hongkong 555 diluncurkan oleh Chuen Sun Knitting Factory Ltd. Pada 1930.

Kaos oblong yang digunakan Bung Karno ini ternyata terbuat dari benang kapas yang berasal dari Swiss. Dibuat dengan cara dirajut menggunakan tanagan.

sbelen.files.wordpress.com

Kaos oblong ini menurut Chuen Sun Knitting Factory Ltd. Sengaja di desain menyerupai kemeja Kung Fu dengan pesan “Berhernti Berperang”, sementara tiga kancing didepan memiliki makna “Kasih, Iman, dan Ketekunan”.

Makna filosofis yang melekat pada kaos oblong tersebut sangatlah memilki kedekatan dengan kepribadian sosok Soekarno. Lalu apakah hal ini menjadi salah satu alasan Soekarno sangat menyukai kaos oblong tersebut? Belum ada jawaban yang menjelaskan hal ini.

Namun perlu diketahui, bahkan sampai hari ini pun, Chuen Sun Knitting Factory Ltd. Masih memproduksi kaos oblong putih yang sangat digemari, yang menjadi favorit oleh soekarno tersebut.

Leave a Reply